Wednesday, June 16, 2004

Belanda Tahan Jerman, Ceko Bungkam Latvia

0
Holland - Germany : 1 - 1 (Goals: Frings '30, van Nistelrooy '81)

Setelah berjuang keras selama hampir 80 menit, akhirnya Belanda Lolos dari kekalahan setelah tendangan first time sriker Ruud van Nistelrooy mengoyak gawang Oliver Kahn. Gol ini dimulai dari aksi Andi van Der Meyde di sisi kiri pertahanan Jerman. Crossing van Der Mayde tak kuasa diantisipasi Christian Worns yang menjaga van Nistelrooy, yang tendangan akrobatiknya langsung bersarang di pojok kanan gawang Oliver Kahn.
Jerman sendiri sebelumnya unggul pada menit 30, melalui tendangan bebas dari gelandang Torsten Frings.



My Comments :

Setelah nonton bigmatch ini tadi malam, gw berpendapat mestinya Jerman yang menang. Lini tengah Jerman selama 90 menit terlihat sangat dominan dibandingkan Belanda. Variasi umpan pendek dan panjang antara Michael Ballack dan gelandang sayap Jerman lainnya terlihat sangat merepotkan pertahanan Belanda. Terlebih saat Jerman unggul, kelihatan sekali kalau mental para pemain Jerman Bangkit. Sebaliknya para pemain Belanda cenderung gugup dan tak jarang melakukan kesalahan.
Namun pada babak kedua, Jerman melakukan kesalahan klasik yang biasa dilakukan tim-tim yang unggul terlebih dahulu, yaitu : BERMAIN BERTAHAN. Dimulai dengan penggantian Torsten Frings, Jerman mulai bermain defensif dengan sesekali menyerang. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Belanda. Selama 15 menit terakhir babak kedua, Rafael van Der Vart, Andy van Der Meyde, Marc Overmars dan Ruud van Nistelrooy terlihat berkali-kali membahayakan gawang Jerman. Dan akhirnya Jerman harus membayar mahal dengan bobolnya gawang Oliver Kahn, 10 menit sebelum pertandingan berakhir.

-------------------------------------------------------------------------


Czech Rep - Latvia : 2 - 1 (Goals: Verpakovskis '45, Baros '73, Heinz '85)

Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Maris Verpakovskis di penghujung babak pertama, tim kuda hitam Republik Ceko berhasil bangkit dan menuntaskan perlawanan Latvia melalui Gol Milan Baros dan Marek Heinz di babak kedua.



My Comments :

Gw sebenarnya nggak nonton seluruh pertandingan ini (nyicil buat pertandingan Belanda-Jerman), tapi sepanjang gw nengok ke TV, kelihatan kalau para pemain Ceko terus menerus mengurung pertahanan Latvia. Peluang pun lebih banyak dimiliki Ceko dibandingkan lawannya. Jadi sangat wajar kalau mereka menang, meskipun gw liat gol pertamanya Ceko agak kontroversial. Kalo nggak salah ada pemain Ceko yang ngirim crossing menggiring bola di sisi kanan pertahanan Latvia, tapi bolanya sudah keluar lapangan sebelum di-cross. Jadi mestinya gol kick.
Tapi secara keseluruhan, Ceko sangat pantas menang dari Latvia. Dan dengan begini persaingan di grup D bakal makin panas, karena Belanda dan Jerman hanya bisa mengais hasil seri.



No Response to "Belanda Tahan Jerman, Ceko Bungkam Latvia"