Wednesday, February 02, 2005

About Game and My Final Project.

0
Lab RASL, jam 1:30 pm

Hari ini tanggal 3 februari, genap sebulan sejak PC gw yg pertama mati. Semoga nggak terjadi lagi hal yg sama dengan PC gw yg baru ... eh ... seken maksudnya^^.
Sama seperti pemilik komputer baru lainnya, hal pertama yg gw lakukan adalah oprek2 sistem, setting sana-sini supaya PC jadi lebih kencang.

Dan ... lagi2 penyakit lama gw kambuh.

Habis install program2 yg penting buat TA, gw nggak lupa pula menginstall beberapa game.Yah ... beberapa game yg sebenarnya cukup buat bikin gw puasa sehari semalam di depan PC.

Akh ... kenapa sih gw nggak bisa menghilangkan ketergantungan gw dengan game ?

Seringkali waktu mau main gw sudah bilang sama diri gw kalo mainnya nggak akan lama, paling lama 1/2 jam. Tapi nyatanya begitu keluar lagi ke windows, waktu yang habis sudah 1/2 harian. Gimana ya caranya supaya gw bisa lepas dari ketergantungan ini ?

................................

Pikir dulu sebabnya kenapa loe main game. Karena nggak mungkin loe main game tanpa sebab khan ?

Ok .. ok. Gw main game terutama buat ngilangin stress akibat kuliah atau TA.

Kalo memang cuman buat ngilangin stress, nggak perlu kan sampe main game berjam2 ?

Gw tau. Tapi gw nggak tau mau ngapain lagi kalo habis main game.

Loh ... katanya lagi ngerjain TA. Yah, kerjain dulu TA loe, baru ngegame lagi.

Ehm ... maksud gw, gw nggak tau mau ngerjain apa lagi buat TA gw.

Hah ??? Maksudnya apa ? Kalo nggak ngerjain TA, kapan loe mo beres dari ITB ?

Gimana yah ? Gw nggak tau juga. Soalnya TA gw termasuk susah. Tentang instrumentasi gitu, celakanya lagi dosen pembimbing gw jg lagi bermasalah. Kacau jadinya. Gw juga jd rada pesimistik sekarang.

Kalo susah, kenapa loe ngambil TA macam itu ?

........ gw jg nggak tau. Mungkin karena gw terlalu idealis waktu nyari tema TA. Jadinya malah nggak bisa ngerjainnya. Gw bego ya ??

Ya udah, kalo gini loe kerjain dulu sebisanya, masalah berhasil atau nggaknya belakangan. Yang penting usaha dulu. Nyusun buku TA misalnya.

Kalo buku TA sih sudah sebagian gw kerjain. Pokoknya tinggal ngerjain penelitiannya. Walaupun itu nggak semudah yg gw pikirkan sebelumnya. Ternyata butuh waktu, tenaga dan duit buat ngerjain semuanya. Itu yg bikin gw jadi rada pesimis sekarang.

Emangnya nggak bisa ganti topik TA ?

Itulah masalahnya. Gw nggak yakin dengan topik yg gw ambil. Rada ngambang gitu. Di satu sisi gw harus ngerjain instrumentasi, di sisi lain gw harus menganalisis sesuatu yang menjadi topik utama TA gw. Itu yang bikin gw bingung dan bimbang. Gw harus ngerjain yg mana ?

Ya kerjain dua2nya. Emang kenapa ?

Nggak segampang itu. Buat instrumentasi aja susah, blom lagi ngerjain analisis dari topik yg gw ambil. Sampe2 waktu seminar kemarin, beberapa dosen menganjurkan supaya gw ngambil salah satu topik aja, karena kalo diliat sebenarnya TA gw itu punya dua topik yg berbeda.

So, mau gimana lagi ? Kalo begini terus loe bakalan nggak selesai2 dong. Padahal loe sudah janji sama ortu loe buat beres pas maret. Kalo loe ragu2 kayak gini, TA loe bakalan nggak selesai dalam dua semester.

So, what should i do now ? Gw mesti gimana lagi ?

Jujur sama diri loe sendiri, bahwa loe nggak mampu ngerjain ini semua. Loe mesti jujur kalo loe cuman bisa ngerjain salah satu topik dari TA loe yg susah itu. Dengan begitu semua jadi jelas dan loe nggak akan ragu lagi dengan apa yg bakal loe kerjain.

Tapi gw jd nggak enak sama pembimbing gw. Terutama sama pembimbing kedua yg memang lg bermasalah. Lagian gw takut ngomongin ini semua ke pembimbing pertama gw. Bukan takut sih ... sungkan. Lagian ntar kalo gw seminar ulang gimana ?

Tapi ini satu2nya cara. Jujurlah pada pembimbing dan diri loe sendiri. Supaya semua masalahnya selesai. Soal kena marah atau nggak, itu konsekuensi dari ke-idealisan loe selama ini. Yg penting keraguan loe bisa hilang dan loe bisa ngerjain TA dengan tenang.
Dan yg lebih penting lagi, loe bisa ngurangin ketergantungan loe dengan game kalo loe sibuk dengan TA, iya khan ?^^


Ok ... gw coba nanti.

..........................................

No Response to "About Game and My Final Project."